PERKEMBANGAN BAHASA DAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN ILMIAH

PERKEMBANGAN BAHASA DAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN ILMIAH

Oleh Diah Ekaningtyas

 

(1)Bahasa dan multimedia memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran ilmiah. Keduanya merupakan alat untuk mengkomunikasikan setiap materi ataupun informasi dalam suatu pembelajaran ilmiah. Hubungan keduanya pun yang tidak dapat dipisahkan. Penggunaan bahasa dalam multimedia merupakan hal yang mutlak diperlukan mengingat multimedia merupakan keterpaduan teknologi informasi dengan teknologi komunikasi. Bahasa dapat menyampaikan segala informasi kepada pencari informasi. Multimedia dapat membahasakan suatu pelajaran ilmiah dengan lebih komunikatif dan interaktif secara visual dengan berbagai grafis, efek suara dan teks, sehingga informasi yang ingin disampaikan dapat lebih mudah dipahami dan menyenangkan.

Perkembangan bahasa dan multimedia dalam pembelajaran ilmiah saat ini cukup pesat, dibuktikan dengan banyaknya perusahaan yang menawarkan berbagai multimedia dengan berbagai bahasa sebagai alat pembelajaran. (2) Berbagai software dan CD Interaktif dengan format multimedia yang menarik dan bahasa ringan banyak ditawarkan untuk berbagai materi pembelajaran. Sebagai contoh, software SMARTLAB (Lab. Bahasa Multimedia Wireless System) dan CD Interaktif “Belajar Bahasa Jepang Nihon Go!” dari Red Apple Design yang diterbitkan oleh Elex Media Computindo. CD tersebut memudahkan kita untuk mengenal dan mempelajari Bahasa Jepang yang disertai dengan permainan dan kartu hafalan yang menarik. Tidak hanya mempelajari bahasa, banyak pula CD Interaktif untuk mempelajari berbagai mata pelajaran, design grafis, pemrograman, dan lain sebagainya.  Selain CD, internet juga merupakan salah satu media pengembangan multimedia dalam pembelajaran ilmiah yang interaktif. Banyak dijumpai berbagai situs pembelajaran berupa gambar, video, suara dan konten-konten interaktif yang menarik pencari informasi.

(3)Berbagai software dan aplikasi tersebut telah membuat perubahan pada kebiasaan masyarakat. Masyarakat menjadi senang untuk mempelajari sesuatu dengan multimedia daripada membaca materi berupa buku teks pelajaran. Hal ini mengakibatkan terjadinya penurunan penjualan buku teks. Peningkatan minat baca masyarakat terhadap pembelajaran ilmiah juga merupakan salah satu indikasi meningkatnya pengetahuan masyarakat. Hal tersebut didukung dengan kemudahan dalam pencarian informasi tersebut. Selain itu, tingkat kreatifitas masyarakatpun meningkat. Hal ini ditandai dengan makin banyaknya program interaktif yang dapat dihasilkan generasi muda khususnya dalam pembelajaran ilmiah dan dapat dijadikan sebagai ajang bisnis. Namun, berbagai perkembangan tersebut tidak hanya menimbulkan dampak positif. (4) Pembajakan merupakan dilemma utama yang terjadi dalam masyarakat. Selain merugikan produsen, pembajakan menandai kurangnya penghargaan masyarakat terhadap hasil karya orang lain. Pemerintah diharapkan dapat membuat sistem yang melindungi hak cipta, penggunaan bahasa dan multimedia.

(1)Optimalisasi bahasa dan multimedia dalam pembelajaran ilmiah merupakan salah satu cara peningkatan kualitas pendidikan. Tidak hanya sebatas penggunaan CD Interaktif, penggunaan software multimedia perlu ditingkatkan penerapannya di sekolah – sekolah. Selain itu, perlu adanya suatu sistem yang dapat mengorganisir perkembangan bahasa dan multimedia dalam pembelajaran ilmiah, sehingga variasinya dapat lebih ditingkatkan dan target penggunanya dapat lebih diperluas. Penghentian pembajakan dapat dilakukan dengan memberikan software ataupun aplikasi multimedia tersebut secara cuma – cuma dengan dukungan pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: