KORUPSI DANA PNPM MANDIRI MENINGKAT

TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM

TEMA : KASUS/MASALAH METODE ORGANISASI

OLEH  : DIAH EKANINGTYAS (18110052)

KELAS : 2KA20

 

KORUPSI DANA PNPM MANDIRI MENINGKAT

 

Deputi VII Menkokesra Bidang Koordinator Penanggulangan Kemiskinan Sujana Ruyat mengatakan sejak 2007-2010 korupsi dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri mengalamai peningkatan. Menurut dia, jumlah dana PNPM Mandiri yang sudah dikorup sejak 2007 – 2010 mencapai 110 miliar. Namun, secara statistik angka korupsi di PNPM Mandiri hanya 0,1% jika dibandingkan denan tingkat korupsi lainnya. Penyalahgunaan dana PNPm Mandiri tidak dilakukan oleh oknum dalam birokrasi pemerintah. Biasanya penyalahgunaan dilakukan oleh fasilitator lapangan dan masyarakat sendiri. “Itu dilakukan oleh masyarakat sendri” ungkap Sujana di Jakarta kemarin.

Menurut Sujana, pihaknya tidak akan main – main lagi dan akan menindak tegas siapa pun yang melakukan korupsi di PNPM Mandiri. “ Jika ada yang kethuan melakukan tindakan korupsi  terhadap PNPM, baik itu dilakukan oleh oknum dari pemerintah maupun masyarakat, maka akan diproses secara hokum. Kami tidak akan toleran lagi terhadap pelaku korupsi di PNPM Mandiri.

Untuk menindak pelaku penyelewengan dana PNPM Mandiri, pihaknya akan konsentrasi pada pemberian efek jera terhadap pelaku sesuai hokum yang berlaku. Disamping itu, dia meminta kepada sejumlah pihak seperti kepolisian, pemerintah daerah, beserta masyarakat untuk ikut memberikan pengawasan terhadap penggunaan dana PNPM Mandiri yang disalurkan kepada Masyarakat.

Hal terberat dalam pelaksanaan PNPM Mandiri, lanjut Sujana, bukkam hanya pada sistem pengawasannya, tetapi sikap permisif masyarakat yang melakukan pembiaran terhadap pelaku penyalahgunaan dana hanya karena yang melakukan adalah tetangganya atau tokoh yang disegani di daerah setempat. “Ke depan diharapkan dengan bantuan dari sejumlah pihak dalam proses penyaluran dan penggunaannya, korupsi dana PNPM Man diri tidak ada lagi”, ujar Sujana.

Dia menambahkan, bahwa pada 2011 anggaran dana yang dialokasikan untuk PNPM Mandiri sebesar 12 triliun. Jumlah tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan dengan PNPM Mandiri pada 2010. “ Target pada 2011, kami akan berusaha mengintegrasikan PNPM Mandiri. Sebab, masih ada sejumlah kementerian yang memiliki program pemberdayaan yang belum mau diintegersikan kedalam PNPM Mandiri. Kami juga akan terus meningkatkan akuntabilits pelaksanaan PNPM Mandiri”, imbhnya.

Peneliti SMERU Muhammad Syukri menilai, model pencairan dari pemerinth pusat memang tidak ada masalah tetapo proses pencairan di tingkat daerah terhadap kelompok peneroma bantuan sangat rentan dimanipulasi, terutama terkait syarat penerima dna PNPM Mandiri. “ Proses pencairan memerlukan perhatian secara serius dan teliti, jangan sampai terjadi manipulasi data kelompok penerima”, terangnya.

Tak hanya itu, menurut Syukri, program PNPM Mandiri dalam kontek pembangunan infrastuktur seperti pembangunan sekolah, jalan, dan jembatan belum erdampak secara langsung pada upaya oemberantasan rakyat miskin. Bahkan, pemberian PNPM Mandiri hanya berdampak pada masyarakat yang tinggal di daerah, itu pun belum bisa dikatakan berhasul. (andi setiawan- Koran SINDO 22 Januari 2011).

 

Tanggapan:

Banyak masalah yang tengah dihadapi oleh Negara ini salah satunya adalah kemiskinan dan kebodohan, untuk itu pemerintah melakukan salah satu upaya(metode) untuk pemberantasan rakyat miskin yaitu dengan menerapkan program PNPM Mandiri dengan anggaran APBN. Namun, anggaran program PNPM Mandiri itu sendiripun masih dikorupsi bahkan mencapai 110 miliar dalam kurun waktu 4 tahun, atau rata – rata 27,5 miliar per tahun baik oleh aparat pemerintah ataupun masyarakat sendiri yang mengkorupsi. Hal ini membuktikan rusaknya mentalitas bangsa kita. Lalu bagaimana kita bisa bangkit dan mengatasi segala permasalahan bangsa ini jika setiap orang hanya berfikir egois dan tidak ada persatuan untuk memperbaiki bangsa ini? Program PNPM Mandiri salah satu contoh fasilitas yang telah dianggarkan pemerintah dengan sasaran pemberantasan rakyat miskin yang belum mencapai optimalitas penerapannya. Akan lebih baik jika setiap pihak yang terlibat sadar akan sasaran program ini dan saling bantu mencapai sasaran tersebut baik dalam pelaksanaannya dan pengawasannya. Semoga Bangsa ini senatiasa bersatu untuk hari yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: