Tugas 2 Bahasa Indonesia 2

SOAL BAHASA INDONESIA 2 YANG HARUS DIUPLOAD

(BULAN TUGAS BULAN APRIL)

Kerjakan soal berikut dalam kelompok (maksimal 3 orang). Setelah selesai tugas harus diupload di student site masing-masing.

1.      Dalam urutan sebab-akibat, penulis memulai proses kreatif menulis  dengan  membicarakan permasalahan yang menyebabkan terjadinya masalah yang lain. Jelaskan pernyataan tersebut!

Jawab:

Segala sesuatu berasal dari sebab dan kondisi. Sebagai contoh, “Kecambah berasal dari biji atau benih dan pertumbuhannya tergantung pada tanah, kelembaban, suhu dan matahari. Jika terdapat suatu kondisi yang kurang, maka kecambah tersebut tidak akan dapat tumbuh.”, “Nyala lampu minyak tergantung dari sumbu dan minyak, sehingga apabila sumbunya telah terbakar semua atau minyaknya telah habis, maka nyala lampu tersebut akan padam.”.  Hukum suatu masalah adalah ada sebab pasti akan ada akibat. Hal inilah yang menyebabkan penulis biasanya menjabarkan suatu masalah yang menjadi penyebab yang kemudian dirangkai dengan kondisi yang ada dan ditutup dengan suatu akibat.

2.      Deskripsi merupakan sebuah karangan yang mengajak pembacanya untuk dapat mendengar, melihat dan merasakan secara langsung. Jelaskan pengertian deskripsi dan uraiakan pernyataan di atas disertai contoh yang jelas!

Jawab:

Deskripsi adalah satu teknik menulis menggunakan detail dengan tujuan membuat pembaca seakan-akan berada di tempat kejadian, ikut merasakan, mengalami, melihat dan mendengar mengenai satu peristiwa atau adegan. Menulis deskripsi bisa membuat karakter yang digambarkan lebih hidup gambarannya di benak pembaca.

Contoh :

Tepat pukul 06.00 aku terbangun, diiringi dengan suara-suara ayam yang berkokok seolah menyanyi sambil membangunkan orang-orang yang masih tertidur. Serta dapat ku lihat burung-burung yang berterbangan meninggalkan sarangnya untuk mencari makan. Dari timur sang surya menyapaku dengan malu-malu untuk menampakkan cahayanya. Aku berjalan kehalaman depan rumah tepat dihadapan ku ada sebuah jalan besar untuk berlalu lintas dari kejauhan terlihat sawah-sawah milik para petani yang ditanami padi masih berwarna hijau terlihat sangat sejuk, indah, dan damai. Dari kejauhan pula terlihat seorang petani yang sedang membajak sawahnya yang belum ditanami tumbuhan, dan ada juga petani yang sedang mencari rumput untuk makanan binatang peliharaannya seperti kambing, sapi, dan kerbau. Didesa ku rata-rata penduduknya berprofesi sebagai petani.

3.      Dalam bab pertama pendahuluan dari sebuah laporan meliputi perumusan masalah yang hendak dipaparkan dalam laporan. Buatlah ide penelitian dan tulis perumusan masalah secara jelas.

Jawab:

Perumusan masalah merupakan salah satu tahap di antara sejumlah tahap penelitian yang memiliki kedudukan yang sangat penting dalam kegiatan penelitian. Tanpa perumusan masalah, suatu kegiatan penelitian akan menjadi sia-sia dan bahkan tidak akan membuahkan hasil apa-apa.

Perumusan masalah atau research questions atau disebut juga sebagai research problem, diartikan sebagai suatu rumusan yang mempertanyakan suatu fenomena, baik dalam kedudukannya sebagai fenomena mandiri, maupun dalam kedudukannya sebagai fenomena yang saling terkait di antara fenomena yang satu dengan yang lainnya, baik sebagai penyebab maupun sebagai akibat.

Mengingat demikian pentingnya kedudukan perumusan masalah di dalam kegiatan penelitian, sampai-sampai memunculkan suatu anggapan yang menyatakan bahwa kegiatan melakukan perumusan masalah, merupakan kegiatan separuh dari penelitian itu sendiri.

Cara merumuskan masalah:

1.      Masalah dirumuskan dalam bentuk pertanyaan

2.      Rumusan masalah hendaknya padat dan jelas

3.      Rumusan masalah harus berisi implikasi adanya data untuk memecahkan masalah

4.      Rumusan masalah harus merupakan dasar dalam membuat hipotesis

5.      Masalah harus menjadi dasar dalam membuat judul penelitian

Ide Penelitian : Sistem Pelayanan Rumah Sakit terintegrasi

Perumusan Masalah :

Pasien yang melakukan pemeriksaan pada suatu rumah sakit sering kali mengeluh tentang lambatnya pelayanan atau panjangnya birokrasi yang harus dilalui. Sebagai contoh, pada saat pasien datang dan melakukan pendaftaran, dokter tidak dapat secara langsung membuka data pasien melalui sistem untuk mengetahui riwayat penyakit, menulis hasil rekam medis dan menulis resep obat yang harus diminum oleh pasien. Hal ini dikarenakan sistem rumah sakit yang belu terintegrasi, sehingga dokter harus menggunakan kertas Rekam Medis untuk mencatat diagnosa dan menggunakan kertas resep untuk menuliskan obat yang harus dibeli pasien. Kemudian, pasien harus kembali mengantri untuk melakukan pembayan obat dan jasa pemeriksaan dan masih harus menunggu pembuatan obat. Bayangkan berapa lama waktu yang diperlukan pasien untuk melakukan pemeriksaan sampai dengan mendapatkan obat dan berapa banyak kertas yang dibutuhkan suatu rumah sakit. Untuk itu, diperlukan sebuah sistem pelayanan yang terintegrasi antar bagian rumah sakit.

Selesaikan soal silogisme di bawah ini :

4.  a. Premis My : Semua negara di Asia Tenggara yang sedang berkembang tergabung   dalam ASEAN

Premis Mn  : Indonesia merupakan salah satu negara yang berkembang di Asia

b. My : Beberapa nelayan memiliki perahu bermotor

Mn : Beberapa tengkulak memiliki perahu bermotor

Kesimpulan yang dapat diambil dari premis diatas adalah……

Jawab:

a) Indonesia tergabung dalam ASEAN.

b) Beberapa tengkulak adalah nelayan.

  1. Karena kakak mengidap penyakit maag, maka kakak tidak boleh makan makanan yang asam.
  2. Karena mengidap penyakit lever, ayah tidak boleh makan hidangan yang berlemak.

Jelaskan pernyataan kalimat di atas dalam konsep berpikir induktif!

Jawab:

Kalimat induktif adalah kalimat yang dimulai mengemukakan hal-hal yang khusus kemudian diakhiri dengan kesimpulan yang umum. Gagasan utama terletak pada akhir kalimat. Ciri-ciri kalimat induktif adalah bisa berupa pendapat, pernyataan, definisi dan kesimpulan letaknya diakhir paragraph.

a)      Pada kalimat pada poin a, “kakak mengidap penyakit maag” merupakan kalimat khusus, kalimat tersebut kemudian digeneralisasikan menjadi akibat yaitu : “kakak tidak boleh makan makanan yang asam”  yang merupkan kalimat umum, artinya semua makanan yang asam tidak boleh dimakan oleh orang yang memiliki penyakit maag.

b)      Pada kalimat pada poin b, “Karena mengidap penyakit lever” merupakan kalimat khusus, kalimat tersebut kemudian digeneralisasikan menjadi akibat  yaitu : “ayah tidak boleh makan hidangan yang berlemak”, artinya semua makanan yang berlemak tidak boleh di makan oleh ayah (kalimat umum).

6.   Misalnya Anda mengemukakan gagasan bahwa tinggal di daerah kumuh tidak baik bagi kesehatan. Gagasan yang dilengkapi dengan keterangan dan informasi ini menggunakan metode  induktif.

Rancang latar belakang, lingkup permasalahan dan  tujuan penelitian pada ide tersebut!

Jawab:

Metode berpikir induktif adalah metode yang digunakan dalam berpikir dengan bertolak dari hal-hal khusus ke umum. Hukum yang disimpulkan difenomena yang diselidiki berlaku bagi fenomena sejenis yang belum diteliti.

Masalah Kesehatan di Daerah Kumuh

I. Latar Belakang

Jakarta merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak pemukiman kumuh. Hal ini dikarenakan padatnya jumlah penduduk yang tinggal dan bermukim di Jakarta yang mayoritas adalah warga pendatang. Pada awalnya para pendatang tersebut berniat untuk mengadu nasib di Ibu kota negara ini, akan tetapi kemampuan dan keterampilan yang mereka miliki tersebut tidak dapat memenuhi kualifikasi kebutuhan tenaga kerja yang dicari, selain terbatasnya jumlah lapangan pekerjaan di Ibu kota. Akibatnya, para pendatang yang tidak memiliki perkerjaan dan uang itupun hidup menggelandang dan tinggal seadanya. Hal tersebut menyebabkan bermunculannya pemukiman kumuh di beberapa daerah di Jakarta yang lama kelamaan menjadi daerah kumuh.

Diare, muntaber dan masalah kesehatan lain khususnya yang berkaitan dengan kebersihan sudah menjadi hal yang biasa muncul di daerah tersebut. Tidaklah mengherankan, jika angka harapan hidup di daerah tersebut sangatlah rendah. Hal ini menjadi wajar, karena pada umumnya tidak ada tempat sanitasi seperti MCK yang layak pada daerah kumuh, sehingga sering menimbulkan masalah kesehatan. Masalah kesehatan merupakan salah satu masalah utama yang muncul pada daerah kumuh.

II. Lingkup Permasalahan

Untuk dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan yang muncul pada daerah kumuh tersebut perlu dilakukan sebuah penelitian yang akan menganalisa hal – hal sebagai berikut :

1. Dampak tinggal di daerah kumuh;

2. Rekomendasi pemecahan masalah daerah kumuh.

III. Tujuan Penelitian

Penelitian ini diharapkan dapat membantu pemerintah mengatasi masalah kesehatan masyarakat dan meningkatkan harapan hidup masyarakat Jakarta pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

7. Identifikasi kesalahan pada pernyataan di bawah ini dalam konsep berpikir deduktif!

a.   Semua pelaku kejahatan adalah korban rumah tangga yang

b.  Saya tidak pandai berenang. Hampir semua anggota keluarga saya tidak dapat berenang.

Jawab:

Kalimat deduktif adalah pernyataan yang dimiliki dengan mengemukakan hal yang umum kemudian disusun dengan uraian yang khusus. Gagasan utama terdapat pada awal kalimat. Ciri-ciri kalimat deduktif adalah kalimat bias berupa pendapat, pengadaan, atau definisi, letaknnya diawal paragraph. Contohnya, Masjid Alhambia di Spanyol termashur ke penjuru dunia karena keindahan arsitekturnya.

a)      Kalimat pada point A tidak lengkap.

b)      Kalimat pada point B tidak menggunaka konsep berpikir deduktif karena pernyataannya dimulai dari hal khusus (Saya tidak pandai berenang), kemudian baru disusul oleh hal umum (Hampir semua anggota keluarga saya tidak dapat berenang). Sedangkan pada kalimat deduktif seharusnya di mulai dari hal umum kemudian disusul dengan pernyataan khusus.

DIAH EKANINGTYAS   (18110052)

MIRZA                                     (18110065)

EDI SUMARAHADI         (18110055)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: