Kasih Sayang

Kasih Sayang

Kasih sayang menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia karangan W.J.S. Purwodarminto, diartikan dengan perasaan sayang, perasaan cinta atau perasan suka kepada seseorang. Arti dari kasih sayang sendiri sangat luas, ada yang mengartikan bahwa kasih sayang adalah suatu yang indah, suci, dan didambakan oleh setiap orang. Unsur utama suatu kasih sayang antara lain adanya tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran saling percaya saling terbuka. Menurut Djoko widagdho, IBD,1988.hal 45-47, unsur – unsur tersebut menyebabkan adanya suatu ikatan kesatuan yang bulat dan utuh, sehingga bila salah satu unsur kasih sayang hilang maka retaklah keutuhan cinta karena kasih sayang merupakan pertumbuhan dari cinta.

Kasih sayang pasti pernah didapat setiap orang sejak dia lahir, bahkan mulai saat masih berada dalam kandungan yaitu kasih sayang orang tua khususnya ibu. Selain itu, masih banyak bentuk kasih sayang yang berada pada sekitar kita, seperti kasih sayang terhadap Tuhan, kasih sayang keluarga, kasih sayang dengan pasangan dan kasih sayang dengan sesama makhluk. Bentuk – bentuk kasih sayang tersebut memunculkan beberapa bentuk perlilaku,yaitu :

  1. Kemesraan

Kemesraan merupakan perwujudan kasih yang telah dalam, sebuah perasaan simpati yang akrab, atau merupakan hubungan akrab antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Menurut Djoko widagdho, IBD,1988 hal 48-49, kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia, sehingga manusia dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai dengan kemampuan dan bakatnya.

  1. Pemujaan.

Pemujaan adalah perwujudan cinta manusia kepada Tuhan hal ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, karena pemuja terhadap Tuhan adalah inti nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya. Menurut Drs. Suyadi M.P, dalam kehidupan manusia terdapat berbagai macam cara pemujaan sesuai dengan agama, kondisi , kepercayaan, dan situasi.akan tetapi sebenarnya pemujaan itu sebenarnya karena manusia ingin berkomunikasi dengan Tuhannya

Jadi sebenarnya pemujaan terhadap Tuhan merupakan manifestasi cinta kepada tuhan. Cinta juga membangkitkan daya kreativitas berupa menciptakan, menemukan, berkarya, mencari bentuk-bentuk yang dapt mewujudkan hubungan yang misterius, dalam mencari bentuk-bentuk ini pemujaan dapt berupa sembahyang sebagi media komunikasi membangun tempat-tempat beribadah yangn sebaik dan seindah mungkin, mencipta lagu, puisi, novel, film dan sebagainya. Drs. Suyadi M.P.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Kasih itu sabar, murah hati, tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Kasih tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan sendiri, tidak pemarah dan tidak pendendam, kasih itu keadilan, dan tidak berkesudahan, atau tidak akan ada akhirnya. Dengan adanya cinta dan kasih sayang, manusia dapat hidup dalam kedamaian, saling memahami, toleransi dan kerukunan.

Sumber :

http://www.ziddu.com/download/12699071/manusiacintakasih.doc.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: