Tugas BI April

TUGAS BAHASA INDONESIA 2 (BULAN APRIL)

OLEH DIAH EKANINGTYAS  

  1. 1.      PENGGUNAAN WEB BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH PARAGRAPH-BASED WRITING
    1. 1). Gagasan – gagasan Dasar

Makalah Penggunaan Web Blog Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Paragraph-Based Writing memiliki beberapa gagasan dasar yaitu :

–     Peningkatan efektifitas dan efisiensi pembelajaran Paragraph-Based Writing menggunakan Web Blog;

–     Pengurangan penggunaan kertas sebagai media pembelajaran;

–     Pempublikasian karya mahasiswa melalui internet;

–     Penerapan Teknologi Informasi melalui pembelajaran elektronik.
2). Analisis Pengungkapan Gagasan :

Dalam mengungkapkan gagasan penulis menggunakan bentuk eksposisi, namun banyak terdapat kalimat tidak baku, kalimat tidak teratur dan kalimat yang kurang efektif, sehingga banyak pengulangan kata dalam makalah tersebut. Selain itu, bahasa yang digunakan merupakan bahasa popular dan bukan merupakan bahasa ilmiah. Berikut beberapa contoh kalimat tidak baku, kalimat tidak teratur dan kalimat yang kurang efektif dalam makalah dimaksud :

Kalimat tidak baku     : “Penelitian ini diajukan dengan didasarkan pada 2 asumsi sehubungan dengan kelemahan metode pembelajaran di atas”.

Kalimat tidak teratur : “Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, diperoleh fakta bahwa sebagian besar mahasiswa sangat antusias dalam penggunaan web blog sebagai media pembelajaran PBW, praktis, efektif, efisien dan menyenangkan”.

Kalimat kurang efektif  : “Melalui materi dan teori perkuliahan, koreksi intensif dan evaluasi yang intens dilakukan melalui media web blog”.

  1.  Analisis Laporan/Makalah :

1.)    Bahasa yang digunakan dalam makalah ini adalah bahasa popular yang menggunakan kalimat tidak teratur dan kalimat tidak baku seperti yang terdapat dalam latar belakang, masalah, tujuan, isi dan penutup. Beberapa contoh penggunaan kalimat tidak teratur dan kalimat tidak baku adalah sebagai berikut :

Latar Belakang         :  “metode pembelajaran seperti ini tidak membutuhkan alat bantu lain selain kertas sehingga terkadang menimbulkan kebosanan;

Masalah                   :  “Ada 2 rumusan masalah yang ingin dipecahkan dalam penelitian ini, yaitu bagaimanakah penggunaan web blog sebagai sebuah metode pembelajaran dan seefektif mana media web blog membantu perkuliahan mata kuliah Paragraph-based Writing”;

Tujuan                      :  “mendeskripsikan bagaimana penggunaan web blog dan mengidentifikasi efektivitas penggunaan media tersebut sebagai sebuah metode pembelajaran mata kuliah PBW”;

Isi                              :  “Keefektivitasan penggunaan web blog sebagai media pembelajaran mata kuliah Paragraph-based Writing dapat dilihat pula melalui hambatan yang mungkin dijumpai mahasiswa selain sistem yang eror dan koneksi yang kurang mendukung”;

Penutup                    :  “Produk-produk tulisan mahasiswa yang dapat diakses melalui blog mereka membuktikan keberhasilan dari penggunaan media web blog dalam perkuliahan PBW”

2.)    Dalam laporan ini, pendahuluan mencakup latar belakang, masalah dan tujuan yang ingin dicapai dari penelitian tersebut. Terdapat kelengkapan dan kesesuaian bagian inti dengan pendahuluan. Pada bagian penutup membahas hambatan penggunaan internet sebagai media web blog, namun hambatan tersebut tidak disinggung sebagai masalah dalam pendahuluan.

3.)    Teknik penulisan laporan ini tidak sesuai dengan kaidah, yaitu tidak terdapat penomoran judul dan sub sub judul serta penanda peringkat – peringkatnya. Rujukan dan daftar pustaka telah dituliskan dengan tepat. Penyajian gambar dan keterangannya kurang tepat. Seharusnya gambar dan keterangan diletakkan di tengah (center text).

  1. 2.      SUATU MODEL KAIDAH PEMENGGALAN SUKU PERTAMA PADA KATA BAHASA INDONESIA: KASUS PADA HURUF AWAL B
    1. 1). Gagasan – gagasan Dasar

Gagasan Dasar yang disampaikan dalam Laporan ini adalah Penggunaan Komputer sebagai alat penerjemah.
2). Analisis Pengungkapan Gagasan :

Dalam mengungkapkan gagasan penulis menggunakan bentuk disposisi.

  1. Analisis Laporan/Makalah

1.)    Bahasa yang digunakan dalam makalah ini adalah bahasa ilmiah. Penulis menjelaskan secara detail latar belakang penelitian dengan menggunakan bahasa ilmiah yang mengacu ke beberapa referensi yang jelas. Masalah, tujuan, isi dan penutup dipaparkan dengan bahasa ilmiah.

2.)    Pendahuluan makalah ini telah mencakup latar belakang, masalah dan tujuan sebagai berikut :

“Penelitian ini akan membahas pengenalan kata. Pengenalan kata demikian berguna pada olah kata (wordprocessing) di dalam komputer. Melalui kaidah tertentu, pengenalan kata ini dapat digunakan untuk pemeriksaan betul-tidaknya ejaan dan bahkan lebih jauh lagi sampai ke pemeriksaan betul-tidaknya tata bahasa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat diteruskan dan digunakan untuk penelitian lebih lanjut seperti penelitian stemmer dengan pemenggalan kata sehingga tidak terjadi overstemming atau understemming. Pemenggalan kata dapat memberikan informasi tempat bagian kata tersebut dipotong.”

Bagian inti menjelaskan lebih detail masalah yang telah disebutkan pada bagian pendahuluan dan memberikan teori penyelesaiannya, sehingga terdapat kelengkapan dan kesesuaian bagian inti dan pendahuluan.

Bagian Penutup tidak lengkap, tidak terdapat rangkuman hasil pembahasan dan saran. Penulis tidak menjelaskan bagaimana penelitian ini dapat menjawab tujuan dan masalah yang telah dipaparkan pada bagian pendahuluan sehingga tidak terdapat kelengkapan dan kesesuaian bagian penutup dan pendahuluan.

3.)    Teknik penulisan yang digunakan dalam makalah ini hampir benar. Beberapa kesalahan yang ada dalam makalah ini yaitu, penulisan judul abstrak seharusnya ditengah, penulisan keterangan tabel seharusnya sejajar dengan tabel(rata kiri).

Penulisan Rujukan/daftar pustaka sudah sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Opini saya : Penulis tidak mengerucutkan masalah yang akan dibahas pada makalah dalam bagian pendahuluan, namun justru memaparkan teori. Hal ini menyulitkan pembaca mengaitkan latar belakang maslah dan pembahasan. Isi pembahasan yang dipaparkan penulispun terpotong – potong dan bukan merupakan rangkaian yang utuh. Sehingga dibagian penutup kesimpulan yang dihasilkan tidak dapat menjawab masalah yang disampaikan (tidak terdapat solusi). Penyampaian abstrak dalam bahasa asing juga menyulitkan pembaca, dan akan lebih baik jika abstrak ditulis dalam dua bahasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: