HPKU MODIS, TETANGGAKU KELAPARAN….

(Tema : Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Kemiskinan)

oleh Diah E

Perkembangan teknologi Informasi saat ini tidak terlepas dari cepatnya perkembangan ilmu pengetahuan. Akibatnya banyak peralatan elektronik canggih yang sering dikeluarkan dalam waktu yang berdekatan.  Hal ini membuat masyarakat berlomba – lomba mengikuti tren teknologi dengan harga tinggi. Dilain sisi banyak masyarakat Indonesia saat ini kelaparan karena berada di batas kemiskinan. Banyak gelandangan, pengemis dan masyarakat kurang mampu lainnya. Akibatnya banyak terjadi pencurian ataupun pencopetan barang – barang canggih tersebut seperti Hand Phone (HP).

Dalam hal ini memang tidak dapat kita pungkiri, bahwa tingkat pendidikan dapat menentukan taraf penghasilan seseorang yang berdampak pada tingkat teknologi seperti peralatan elektronik yang dapat dibeli. Namun, hal tersebut sangat kontras ketika semakin banyak pula masyarakat yang memiliki tingkat pendidikan yang rendah dan sulit untuk memperoleh pendidikan karena mahal.

Seharusnya kemajuan teknologi dapat meningkatkan tingkat pendidikan masyarakat, karena akan berdampak pada kemudahan masyarakat dalam memperoleh informasi. Namun, hal ini belum terjadi saat ini, karena kurangnya sosialisasi pihak terkait terhadap masyarakat miskin tersebut unutk dapat memanfaatkan teknologi guna meningkatkan kualitas pendidikan yang akan berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat tersebut. Sehingga angka kemiskinan dapat ditekan.

Untuk itu, diperlukan partisipasi dan kepedulian dari seluruh masyarakat untuk dapat membantu pensosialisasian manfaat teknologi sehingga dapat mengurangi tingkat kemiskinan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: